Thursday, September 10, 2009

memecahkan masalah dengan kreatif

Manusia adalah mahluk yang diciptakan paling sempurna dibanding makhluk ciptaan Alaalh lainnya. Sejak awal penciptaan, manusia telah ditakdirkan oleh Allah SWTsebagai khalifah di muka bumi. Firman Allah SWT tentang penciptaan manusia, “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui". QS Al Baqarah:30

Pada kesempurnaan yang ada dalam diri manusia, terdapat satu kemampuan otak yang teraktualisasikan dalam aktivitas luar biasa. Hal ini tidak pula dimiliki mahluk yang lainnya. Kemampuan otak yang teraktualisasikan dalam aktivitas yang luar biasa tersebut yakni disebut sebagai kreatif.

Dengan kreatif seseorang akan senantiasa dapat menjalani kehidupan dengan berabgai permasalahan yang ada. Bersama kreatif akna banmyak hal yang dapat diciptakan, sehingga memunculkan hal-hal baru yang tampil berbeda dari yang lainnya.

Sedikit berkenalan dengan kreatif, mari kita lihat apa saja sebenarnya ciri-ciri kreatif?

Ciri-ciri kreatif adalah :

* Berfikir lancar dengan mengajukan banyak pertanyaan, jawaban dan gagasan.
* Berfikir luwes dengan menghasilkan gagasan atau jawaban atau pertanyaan yang variatif, dapat melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda-beda.
* Berfikir orisinal dengan mampu melahirkan ungkapan, gagasan baru yang unik, tidak lazim difikirkan orang.
* Mengevaluasi denganmenentukan patokan penilaian sendiri, mampu mengambil keputusan pada situasi yang terbuka, bersikap kritis.
* Kritis dengan selalu terdorong untuk mengetahui segala hal.
* Imajinatif dengan membayangkan berbagai hal yang belum pernah terjadi.
* Tertantang oleh kemajemukan dengan tertarik pada situasi dan masalah yang rumit.
* Berani mengambil resiko dengan berani mengemukakan jawaban atau gagasan, meskipun belum tentu benar atau diterima, tidak takut gagal, tidak terikat pada hal yang berstruktur / konvensional.
* Sifat menghargai denga menghargai kritik, bimbingan orang lain, maupun kemampuan dan bakatnya sendiri.
* Mengelaborasi denganmemperkaya dan mengembangkan suatu gagasan atau produk, menambah atau merinci detail-detail suatu obyek, atau situasi sehingga menjadi lebih menarik.


Memiliki kemampuan berpikir kretif berbading lurus dengan kemampuan memecahkan masalah. Artinya seseorang yang memiliki kretaivitas yang tinggi, insya Allah kemampuan pemecahan masalahnya juga baik. Berikut apa saja yang termasuk langkah pemecahan masalah ?

Langkah-langkah pemecahan masalah:

* Mendeteksi dengan mempelajari serta merasakan berbagai kejanggalan yang terjadi.
* Melakukan verifikasi / pengelompokan memilah-milahkan kejanggalan-kejanggalan sejenisnya.
* Melakukan analisis dengan menguraikan sebab-sebab serta segala sesuatu yang berkenaan dengan kejanggalan-kejanggalan yang ditemukan.
* Melakukan sintesis dengan menghubungkan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi sebagai langkah lanjut dari informasi hasil analisis.
* Pemecahan masalah dengan memperhatikan / menghubungkan hasil analisis dan sintesis ditemukan pemecahan masalah.


Memperhatikan ciri-ciri kreatif, kita akan merasa begitu rumit karena punya banyak bagian. Namun kreativitas sebagai suatu bentuk global tidaklah sama dengan sekedar bagian-bagian. Begitu juga dengan langkah-langkah pemecahan masalah. Sekilas kita akan menganggap bahwa proses itu berlangsung dengan tahapan yang masing-masing memerlukan waktu sendiri. Namun apabila kita sering melakukan latihan, maka proses itu akan berlangsung begitu cepat seolah-olah otomatis.

Disinilah pentingnya sebuah terobosan baru bentuk pembelajaran kreatif imajinatif yang didalamnya termasuk berfikir kritis. Dengan pembelajaran kreatif imajinatif akan terbina proses kreatif yang sangat cepat. Selanjutnya dengan terus berlatih menggunakan sarana pembelajaran berupa mainan edukatif, anak akan terus berlatih untuk mencapai otomatis dalam pemecahan masalah. Dan tercapailah anak-anak yang kreatif dan brilian.

Wallahu’alam http://www.bunyan.co.id

No comments: