Monday, October 26, 2009

Menjadi Database Administrator

Hallo teman-teman,
bagi yang sedang belajar untuk mewujudkan cita-citanya menjadi DBA
Oracle, saya ada sedikit tulisan di sini

http://rohmad.net/2008/07/18/kiat-mempersiapkan-diri-jadi-dba-oracle/

___________
Banyak yang bertanya pada saya, terutama teman-teman yang mau lulus
kuliah, "Gimana kiat-kiat mempersiapkan diri untuk jadi DBA Oracle.
Dengan kata lain, Gimana sih caranya menggapai cita-cita jadi DBA Oracle?"

Saran saya:

1. Belajar sendiri Database Oracle
2. Ambil Training Database Oracle
3. Ambil sertifikat Database Oracle
4. Ikut milis dan forum Oracle di internet

Belajar sendiri Database Oracle
==============================

Belajar sendiri juga tidak terlalu susah, bagi yang mau. Untuk guide
awalnya, saya pernah menulis Cara Belajar Database Oracle secara
Otodidak. Saya juga pernah menulis Petunjuk Memahami Database Oracle
berdasarkan tulisan-tulisan di blog ini. Daftar Artikel di blog ini
juga saya susun berdasarkan kategori-kategori pokok database Oracle.

Ambil Training Database Oracle
================================

Ada beberapa alasan kenapa kita mengambil training:

1. Mempercepat menguasai materi database Oracle
2. Males belajar dan explorasi sendiri. Emang paling enak dikasih
tahu daripada nyari tahu sendiri :)
3. Pernah mengambil training (apalagi yang bersertifikat) akan
semakin mempercantik CV. Tetep, di mata penerima kerja, ada point
lebih bagi yang pernah ngambil training database Oracle. Paling tidak
ada bukti bahwa kita pernah belajar database Oracle.
4. Tentu saja, karena punya dana yang cukup

Nanti akan saya buatkan artikel tentang kiat-kiat dan strategi
mengambil training database Oracle. Silahkan ditunggu.

Ambil sertifikat Database Oracle
================================
Mempunyai Sertifikat adalah sebuah keutamaan (bukan keharusan),
apalagi bekerja sebagai DBA di perusahaan konsultan (vendor).
Sertifikat menunjukkan bahwa pemegangnya mempunyai pengetahuan yang
mendalam terhadap database Oracle. Dengan pengetahuan dan pengalaman
yang sama, pemegang sertifikat mempunyai lebih banyak peluang untuk
mendapatkan pekerjaan dan gaji yang lebih tinggi.

Sekilas tentang sertifikasi database Oracle saya bahas di Sertifikasi
Database Oracle. Juga lebih detail tentang Oracle Certified Associate
(OCA) dan Oracle Certified Professional (OCP) saya bahas di Ujian OCA
dan OCP Database Oracle 10g


Lebih lanjut baca di
http://rohmad.net/2008/07/18/kiat-mempersiapkan-diri-jadi-dba-oracle/


Salam,
Rohmad

No comments: