Monday, October 26, 2009

ORACALE TOOLS

Ini sedikit Tools untuk mengelola Oracle sebagai DBMS yang “Menakjubkan” apa iya ?
1. TOAD
Toad merupakan tools yang berguna untuk melakukan administrasi database secara visual. Produk dari QuestSoftware ini memang dapat diandalkan oleh para database admin untuk membantu tugas mereka. Jika kita misalkan, TOAD ini adalah Enterprise Managernya Oracle.
2. PL/SQL Developer
PL/SQL (Procedural Language / Structured Query Language) merupakan bahasa yang umum digunakan dalam pemrograman Oracle. Nah PL/SQL Developer ini adalah tools yang berfungsi untuk melakukan programming di Oracle. Klo kita misalkan PL/SQL Developer ini adalah sebagai Query Analyzernya SQL Server.
3. Ora Developer Studio (OSD)
Sepertinya lumayan untuk tidak bikin kita pusing (hehe alias agak mudah). Tools ini sepertinya cocok untuk para pemula database Oracle walaupun kemampuannya masih di bawah TOAD dan PL/SQL Developer.
4. Insider
Sama dengan OSD, tools ini baru saya download kemarin, perasaan waktu menjankan tools ini terasa lambat banget…, entah dia “makan” resources berapa.
5. EMS Oracle Manager
Hehehe ini tools lumayan keren bo. Nah silahkan download versi Litenya sekitar 15MB saja.

Saran :
Untuk para pemula seperti saya, EMS sudah cukup memberi kita kesempatan yang lebih baik & mudah tentunya dalam mengelola Oracle, hehehe kecuali untuk pada Database Admin yang udah jago seperti Mas2 & Mba2, gunakanlah TOAD / PL/SQL Developer. Sip lah pokoknya :-)

No comments: