Thursday, July 1, 2010

KopDar II Ubuntu Metro

Beberapa hari lalu teman ane salah satu pengoprek pada KopDar II di pamulang,mendapat pesan yaitu membuat laporan KopDar yang baru dilaksanakan,yang memberikan pesan pak rusmanto (Ketua Yayasan Penggerak Linux Indonesia).Yang mana kata pak rusmanto,KopDar kemaren akan dimasukan kedalam majalah infolinux.Senang juga si,baru 2 bulan dan baru 2 kali mengadakan KopDar ternyata mendapat respon dari beberapa komunitas or Yayasan Penggerak Linux Indonesia.




Berikut laporan dari KopDar II Ubuntu Metro :
Minggu, 27 Juni 2010 kembali diselenggarakan KopDar Ubuntu Metro untuk yang kedua kalinya berlokasi di Vila Dago Pamulang H22/2 Tangerang Selatan. Peserta yang hadir kali ini berasal dari beberapa lokasi berbeda, diantaranya dari Tanah Abang, Citeureup, Bogor dan lokasi lain diseputar Jabodetabek. Yang istimewa adalah Ubuntuers yang berasal dari Medan yang kebetulan sedang berada di Jakarta turut hadir dalam KopDar kali ini.

Egi Adhitia, pemateri asal Bogor di kesempatan pertama menyajikan beragam aplikasi sains dan edukasi lain seperti Marble, Stellarium, dan lainnya.

Ade Mohammad, pemateri asal Citeureup pada kesempatan kedua menyajikan materi tentang tips mempercantik Desktop Ubuntu menggunakan Compiz, Conky, Screenlets, Cairo-Dock dan gNome-shell.

Penggunaan Virtualbox, instalasi Guest Addition, memanfaatkan Repository di Host untuk instalasi di Guest Virtual Box juga diujikan untuk memuluskan presentasi remastering Sabily Manarat Beta menggunakan remastersys oleh Satriyana, pemateri dari Pamulang sekaligus tuan rumah.

Sebelum acara berakhir, peserta membahas berbagai hal yang berkaitan dengan materi dan visi misi Ubuntu Metro sebagai komunitas Ubuntu yang berkomitmen di bidang kewirausahaan, pendidikan dan UMKM.

Pembahasan yang lebih kreatif dan variatif menjadi salah satu harapan dari peserta KopDar, selain permintaan untuk pembahasan mengenai web-server, praktikum squid, manajemen bandwith, internet sharing dan intranet di Ubuntu. Semoga pada KopDar berikutnya beberapa permintaan peserta dapat terlaksana. Tunggu tanggal mainnya bulan depan.

sedikit dokumentasi :





Susunan Pengurus Ubuntu Metro
Pendukung Komunitas    : YPLI
Penasehat                       : Bpk. Suparno Midi
Ketua                              : Satriyana
Sekretaris                       : Aryandie
Bendahara                      : Aldebaran Chandra
Ka. Bid Oprekan             : Egi Adhitia
Humas                            : Muhidin Saimin , Rangga Febrian
Website                           : http://ubuntumetro.okesiip.com/
Facebook                       : http://www.facebook.com/pages/Ubuntu-Metro/122738167746337?ref=ts

No comments: