Friday, March 2, 2012

Eclipse RAP (1)


Sejarah Rich Ajax Platform
Perusahaan Innoopract telah berkontribusi besar pada bulan juni 2006 untuk mengembangkan proyek RAP sebelum diajukan sebagai proposal pada Eclipse Foundation. Karena perkembangan web berbasis java itu berdasarkan teknologi WWW Windowing Toolkit (W4T). Pada bulan Oktober 2007 muncul rilis pertama dari Eclipse Rich Ajax Platform (RAP) keluar dengan mempunyai kesamaan dengan API Eclipse RCP. Dengan rilis berikutnya dari versi 1.1 sampai dengan RAP 1.5 ini terus dikembangkan dan fungsi dari RCP sendiri bisa digunakan lebih banyak di RAP. Sehingga akhirnya hanya beberapa langkah saja untuk migrasikan program sederhana yang diperlukan untuk bisa dijalankan dibrowser. Dan bisa didownload di http://eclipse.org/rap/downloads versi 1.5M2
Arsitektur Rich Ajax Platform
                                                     gambar dari http://eclipse.org
Aplikasi RCP yang telah pengembang bangun dapat dijalankan sebagai aplikasi Web dengan hanya perubahan kecil. RAP sangat mirip dengan Eclipse RCP ,tetapi memiliki sebuah implementasi alternatif SWT (Standart Widget Toolkit) API (Application Programming Interface) yang disebut dengan RWT. Yang membuat widget jauh lebih baik diweb browser. Konsep yang ada dibelakang pengembangan RAP adalah menggunakan kembali teknologi yang sudah ada. Hal ini memungkinkan untuk mengembangkan aplikasi Web 2.0 di java, tanpa harus berurusan dengan teknologi web seperti HTML dan javascript.

Aplikasi RAP dapat berjalan di kontainer servlet dan klien dapat mengakases aplikasi web dengan web browser standar yaitu mozila firefox, internet explorer (IE) ,Safari ,Chrome, Opera. Disisi kiri RCP mengakui aristektur RAP merupakan bagian dari RCP sendiri. Untuk lapisan yang paling bawah memiliki perbedaan antara RCP dan RAP. Karena aplikasi RCP tidak dijalankan dikomputer lokal,tetapi pada server yang terhubung dengan klien dan yang lainnya. Seperti ditunjukkan oleh gambar 1.6 SWT pada aplikasi RCP digantikan oleh RWT diRAP. SWT tidak menggantikan semua peran yang dimiliki oleh RWT, tetapi RWT sebenarnya bagian besar dari SWT. Dalam rilis pertama dari RAP persamaan RWT dan SWT ini merupakan hal yang tidak mungkin s, setelah setiap versi baru dari RAP, RWT menjadi semakin mirip dengan SWT. Dengan demikian, diharapkan bahwa dimasa depan hampir semua kemampuan yang dimiliki oleh SWT tersedian juga untuk RAP. Dalam RWT tidak mungkin ada circles, line atau menggambar diatas kanvas seperti GEF tidak didukung oleh RAP.

No comments: