Wednesday, October 21, 2009

OBJEK SQL


Objek SQL yang digunakan dalam sistem AS/400 adalah database, view, index dan catalog.
Database
Sebuah database terdiri dari sebuah library, journal, journal receiver, data dictionary dan catalog. Table, view dan objek yang lain dapat dibentuk, dipindahkan atau di-restore dalam database SQL . Pada SQL, table, view dan index hanya dapat dibentuk dalam database AS/400 dan tidak dapat dibentuk dalam library AS/400.
Physical file dapat ditempatkan untuk dibentuk, dipindahkan atau di-restore dalam database SQL. Logical file kemungkinan tidak dapat ditempatkan dalam database SQL karena tidak didefinisikan dalam data dictionary.
Data Dictionary
Data dictionary adalah kumpulan tabel yang terdiri dari pendefinisian objek. Pada saat database dibentuk maka SQL secara otomatis akan membuat data dictionary.
Journal dan Journal Receiver
Digunakan untuk merubah record pada tabel dan view dalam database.
Table, Row dan Column
Table adalah susunan data dua dimensi yang terdiri dari baris dan column. Row adalah bagian horisontal yang terdiri dari satu atau lebih kolom. Column adalah bagian vertikal yang terdiri dari satu atau lebih data dengan satu tipe. Semua data untuk sebuah kolom harus mempunyai tipe data yang sama.
View

View muncul seperti tabel dalam program aplikasi. View tidak berisi data melainkan dibuat berdasarkan satu atau lebih tabel yang ada pada database. View dapat berisi semua atau sebagian kolom dari tabel, atau dapat juga berisi semua atau sebagian baris saja. Kolom-kolom pada view mungkin disusun secara berbeda dari tabel yang ada. Sebuah view dalam SQL/400 merupakan bentuk khusus dari logical file tanpa key.
Index
Index dalam SQL adalah kumpulan data dalam kolom dari sebuah tabel yang secara logik disusun secara asending atau desending. Sebuah index SQL/400 merupakan logical file yang mempunyai key. Index digunakan digunakan oleh sistem untuk pengambilan data secara cepat.
Catalog
Catalog terdiri dari kumpulan view dan logical file yang berdasarkan pada :
• Dua database file dalam QSYS yang berisi informasi :
- hubungan antara file dan dictionary
- hubungan antar file
• Kumpulan file-file data dictionary dalam database yang berisi pendefinisian objek

Catalog view hanya berisi informasi mengenai objek dalam sebuah database. Informasi sebuah catalog mengenai database SQL dan isinya. Catalog menjelaskan setiap tabel, view, index dan file dalam database termasuk pendefinisian kolomnya. Informasi ini dapat diakses dengan menggunakan perintah SQL seperti sebuah tabel.
View yang ada dalam catalog SQL adalah SYSCOLUMN Terdiri dari sebuah baris untuk setiap kolom yang ada pada tabel dan view dalam database SQL yang menjelaskan nama kolom, nama tabel atau view, pembuat tabel atau view, penempatan kolom, jenis kolom, panjang kolom
SYSINDEX Terdiri dari sebuah baris untuk setiap index dalam database SQL yang menjelaskan nama index, pembuat index, nama tabel yang diindex, pembuat tabel, nama database dari tabel, unik tidaknya index, jumlah kolom, nama database index
SYSKEY Terdiri dari sebuah baris untuk setiap tipe index dalam database SQL yang menjelaskan nama index, pembuat index, nama kolom key, posisi kolom, posisi kolom key, urutan kolom
SYSTABLE Terdiri dari satu baris data untuk setiap tabel atau view pada database SQL (termasuk kolom-kolom dari catalog SQL).
SYSVIEWDEP View dari recored-record SYSVIEWDEP bergantung kepada view dari tabel (termasuk view dari catalog SQL).
SYSVIEW Terdiri dari satu atau lebih baris data untuk masing-masing view pada dtabase (termasuk view dari catalog SQL).

No comments: