Thursday, February 11, 2010

Cara Meningkatkan Produktifitas

Produktivitas adalah sangat penting bagi keberhasilan Anda. Apa pun profesi ini, produktivitas sangat dibutuhkan. Jika kita sebagai seorang karyawan, tentu kita akan dituntut untuk lebih produktif dalam bekerja. Perusahaan butuh karyawan yang produktif. Jika Anda seorang pebisnis, produktivitas akan meningkatkan keuntungan Anda. Lalu bagaimana cara meningkatkan produktivitas.
Apa yang akan saya bahas disini bukan tentang manajemen waktu biasa, misalnya membuat to do list dan sebagainya. Tidak, bukan tidak penting, tetapi jika Anda ingin meningkatkan produktivitas, apa yang perlu Anda lakukan lebih dari sekedar dari manajemen waktu. Manajemen waktu akan meningkatkan efektivitas Anda, namun apa yang akan saya jelaskan akan meningkatkan produktivitas Anda, bukan 10% atau 20%, tetapi 100%.

Pertama: Anda harus mau berubah. Jangan bermimpi Anda akan meningkatkan produktivitas Anda jika cara berpikir dan cara bekerja Anda tetap tidak berubah. Jadi langkah pertama ialah persiapkan diri Anda untuk berubah.
  1. Kedua: Berpikir Di Luar Kotak. Untuk menemukan cara-cara baru, agar Anda bisa bekerja dengan lebih produktif, Anda harus berpikir di luar kotak. Lupakan cara-cara lama yang lambat, ganti dengan cara baru yang super cepat.
  2. Ketiga: Berani Mengambil Keputusan dan Mengambil Resiko. Cara-cara baru memang mengandung resiko, tetapi ada peluang besar dibaliknya. Anda harus berani mengambil keputusan dan mengambil resiko, sebab jika tidak, Anda akan tetap bekerja dengan cara yang lambat.
  3. Keempat: Tingkatkan kecepatan Anda bekerja. Bukan, bukan dengan tanpa istirahat. Anda bisa bekerja lebih cepat tetapi tetap istirahat, bahkan istirahat lebih baik. Anda harus menggunakan berbagai strategi, trik, alat, dan keterampilan tertentu untuk meningkatkan kecepatan Anda bekerja.
  4. Kelima: Membangun Kebiasaan Produktif. Tahukah Anda kalau sebagian besar hidup Anda dikendalikan oleh kebiasaan. Jadi, jika Anda bisa membangun kebiasaan produktif maka otomatis tingkat produktivitas Anda akan naik.
  5. Keenam: Jangan Lakukan Pekerjaan Rendah Nilai. Banyak orang yang terjebak dengan pekerjaan-pekerjaan bernilai rendah. Singkirkan pekerjaan tersebut, bayar orang, dan fokuslah pada 20% pekerjaan paling bernilai dalam hidup Anda.
  6. Ketujuh: Atur Pekerjaan Agar Tidak Stress. Banyak pekerjaan akan membuat Anda stress, Anda perlu mengaturnya sedemikian hingga sehingga tingkat stress Anda berkurang. Maka, produktivitas Anda pun akan berkurang.
  7. Kedelapan: Konsentrasi saat bekerja. Kenapa harus konsentrasi? Supaya Anda memberikan energi yang penuh, meminimalisir kesalahan, dan meningkatkan kualitas pekerjaan Anda. Dengan konsentrasi, pekerjaan Anda lebih cepat selesai dan kesalahan yang minimal.
Anggap saja dari kedelapan tips diatas, masing-masing meningkatkan 10% produktivitas. Realistik? Yah tentu saja. Berapa produktivitas yang bisa ditingkatkan jika Anda mampu melakukan semua kedelapan teknik tadi?
Anggap pekerjaan Anda saat ini dengan produktivitas 100.
Teknik 1: Bertambah 10% maka produktivitas Anda menjadi 100 X (100 + 10)% = 110
Teknik 2: Bertambah 10% maka produktivitas Anda menjadi 110 X (100 + 10)% = 121
Teknik 3: Bertambah 10% maka produktivitas Anda menjadi 121 X (100 + 10)% = 133
Teknik 4: Bertambah 10% maka produktivitas Anda menjadi 133 X (100 + 10)% = 146
Teknik 5: Bertambah 10% maka produktivitas Anda menjadi 146 X (100 + 10)% = 161
Teknik 6: Bertambah 10% maka produktivitas Anda menjadi 146 X (100 + 10)% = 177
Teknik 7: Bertambah 10% maka produktivitas Anda menjadi 177 X (100 + 10)% = 194
Teknik 8: Bertambah 10% maka produktivitas Anda menjadi 194 X (100 + 10)% = 214
Jelas, setelah Anda melakukan 8 teknik ini, produktivitas Anda menjadi 214, artinya naik 100%.
Ini kan cuma teori….? Sebenarnya, peningkatkan produktivitas dari setiap teknik bisa lebih dari 10% bahkan bisa sampai 400% dari satu teknik saja. Jadi angka 100% itu angka yang cukup realistis selama Anda melakukan semua teknik diatas dengan benar.
By the way, saya sudah membuat panduan lengkap untuk melakukan kedelapan teknik tersebut. Silahkan dapatkan di Revolusi Waktu: Bukan Manajemen Waktu Biasa.

source : http://www.zonasukses.com/blog/cara-meningkatkan-produktivitas

No comments: