Thursday, March 11, 2010

SCP linux

Tahukah anda, bahwa dengan perintah "scp" kita bisa mengkopi file dari satu komputer ke komputer lain sesama Linux?
Asumsikan kita akan mengkopi file 'test.txt' dari komputer linux A dengan IP address 192.168.1.150 di folder '/root' ke komputer linux B dengan IP address 192.168.1.160 di folder '/home/user' ,dan kita berada dalam linux A, maka perintah yang digunakan adalah:
[root@linux]#scp /root/test.txt root@192.168.1.160:/home/user
 (atau jika di "ls" file "test.txt" ada di current direktori, maka path "/root" tidak diperlukan) dimana "/root/test.txt" adalah file sumber yang akan dikopi, dan "192.168.1.160:/home/user" adalah tujuan file tersebut akan dikopikan.
Lalu bagaimana jika kita berada di komputer Linux B, dan ingin mengambil file "test.txt" yang ada di komputer Linux A? perintah yang digunakan juga sama, yaitu "scp [file-sumber...] [tujuan-file...]", jadi perintah yang digunakan untuk kasus tersebut yaitu:
[root@linux]#scp root@192.168.1.150:/root/test.txt /home/user
Dimana "192.168.1.150:/root/test.txt" adalah file sumber yang akan dikopi, yaitu komputer linux A, dan "/home/user" adalah tujuan file yang akan dikopikan, yaitu komputer linux B, komputer yang kita gunakan.
Perintah "scp" juga bisa digunakan untuk mengkopi dari floppy ke floppy, sebagai contoh:
[root@linux]#scp -r /mnt/floppy/* root@192.168.1.150:/mnt/floppy
disini kita sedang menggunakan komputer Linux B dan akan mengkopi seluruh isi floppynya kedalam floppy yang ada di komputer Linux A. Tapi sebelumnya masing-masing floppy disk harus di mount terlebih dahulu.
TIP:Perintah diatas menggunakan wildcard (*) atau tanda bintang serta option "-r", yang artinya kita mengkopi semua file dan atau direktori yang ada dalam disket secara recursive.
Jika ada konfirmasi, yang menyatakan pilihan "yes/no", langsung ketik "yes" dan kemudian masukan password user pada komputer remote baik yang menerima hasil kopi filenya atapun yang diambil filenya untuk dikopi.
Disini diasumsikan usernya adalah "root", maka yang dimasukan adalah password root pada komputer remote, tergantung user siapa yang kita tuju.
Untuk penjelasan lebih lanjut, ketik perintah "man scp".
Summary:
Perintah "scp" adalah perintah yang berasal dari paket OpenSSH. Jika kita sering menggunakan perintah "ssh" untuk login kekomputer lain, maka "scp" adalah program yang digunakan untuk mengkopi file dari dan ke komputer lain.
Oleh karena itu, jika kita menggunakan "scp" maka prompt password akan muncul. "scp" kepanjangan dari Secure Copy Protocol, yaitu versi secure dari perintah "rcp" (Remote Copy Protocol).

No comments: