Tuesday, May 11, 2010

Hello World SWT

Untuk memulai codingan SWT kita membutuhkan library SWT yang pada saat ini saya menggunakan ubuntu 10.04,maka library yang dibutuhkan adalah untuk linux yang bisa kita donlod http://www.eclipse.org/swt/ (kita cari untuk linux)
Setelah donlod kita import library ke dalam eclipse (saya menggunakan eclipse galileo)
cara yang saya gunakan :
1.bikin new folder
2.pindahkan library SWT kedalam new folder copy paste aja langsung dari tempat SWT kita save tadi waktu donlod
3.klik kanan di JRE System library>Build Path>Configure Bulid Path>add external jar>import SWT jar,setelah itu klik OK.
setelah itu kita coba untuk membuat Hello World menggunkan SWT

berikut contoh codingannya


package LearningSWT;

import org.eclipse.swt.SWT;
import org.eclipse.swt.layout.RowLayout;
import org.eclipse.swt.widgets.Display;
import org.eclipse.swt.widgets.Label;
import org.eclipse.swt.widgets.Shell;

public class SWTBasic {

    public static void main(String[] args) {

        /*
         * membuat display baru
         */
        Display display = new Display();
        /*
         * membuat shell baru
         */
        Shell shell = new Shell(display);

        /*
         * membuat widget di dalam shell.Widget adalah komponen pembangun GUI.
         * Menu, tombol, teks, kotak cek, kotak input teks, hingga kanvas,
         * adalah contoh-contoh widget. Setiap widget memiliki sifat dan cara
         * kerja yang berbeda-beda.
         */
        Label label = new Label(shell, SWT.NONE);

        shell.setText("Selamat datang di Program Sederhana SWT"); // text
        // didalam
        // shell
        shell.setLayout(new RowLayout());// untuk menampilkan text didalam
        // display
        label.setText("Ini Adalah Program SWT Pertama Anda");

        shell.setSize(450, 180);// untuk menentukan besar display bisa juga
        // menggunakan shell.setPack()
        shell.open();// menampilkan display ke tampilan komputer

        /*
         * Membuat perulangan pengirim event SWT mengharuskan kita untuk membuat
         * sendiri perulangan untuk mengirimkan event. Artinya, blok perintah
         * berikut ini "harus" selalu ada dalam semua aplikasi SWT yang akan
         * kita buat.
         */
        while (!shell.isDisposed()) {
            if (!display.readAndDispatch()) {
                display.sleep();
            }
        }
        /*
         * Karena SWT bekerja langsung dengan widget bawaan sistem operasi, maka
         * tanggung jawab untuk menghapus komponen GUI ada di tangan
         * programmernya. Hal ini disebabkan widget tersebut berada di luar
         * jangkauan pemulung memori Java yang hanya bisa meraih objek yang
         * dibuat dan dijalankan dalam JVM (Java Virtual Machine).
         *
         * Untuk menghapus widget dari memori, kita dapat menggunakan metode
         * dispose() yang dimiliki oleh hampir semua widget SWT. Pada contoh
         * program ini, kita memiliki 2 widget, yaitu shell dan label, sehingga
         * keduanya harus dihapus dengan menggunakan perintah
         */
        display.dispose();
    }

}

OutPut yang dihasilkan :

No comments: