Setelah donlod kita import library ke dalam eclipse (saya menggunakan eclipse galileo)
cara yang saya gunakan :
1.bikin new folder
2.pindahkan library SWT kedalam new folder copy paste aja langsung dari tempat SWT kita save tadi waktu donlod
3.klik kanan di JRE System library>Build Path>Configure Bulid Path>add external jar>import SWT jar,setelah itu klik OK.
setelah itu kita coba untuk membuat Hello World menggunkan SWT
berikut contoh codingannya
import org.eclipse.swt.SWT;
import org.eclipse.swt.layout.RowLayout;
import org.eclipse.swt.widgets.Display;
import org.eclipse.swt.widgets.Label;
import org.eclipse.swt.widgets.Shell;
public class SWTBasic {
public static void main(String[] args) {
/*
* membuat display baru
*/
Display display = new Display();
/*
* membuat shell baru
*/
Shell shell = new Shell(display);
/*
* membuat widget di dalam shell.Widget adalah komponen pembangun GUI.
* Menu, tombol, teks, kotak cek, kotak input teks, hingga kanvas,
* adalah contoh-contoh widget. Setiap widget memiliki sifat dan cara
* kerja yang berbeda-beda.
*/
Label label = new Label(shell, SWT.NONE);
shell.setText("Selamat datang di Program Sederhana SWT"); // text
// didalam
// shell
shell.setLayout(new RowLayout());// untuk menampilkan text didalam
// display
label.setText("Ini Adalah Program SWT Pertama Anda");
shell.setSize(450, 180);// untuk menentukan besar display bisa juga
// menggunakan shell.setPack()
shell.open();// menampilkan display ke tampilan komputer
/*
* Membuat perulangan pengirim event SWT mengharuskan kita untuk membuat
* sendiri perulangan untuk mengirimkan event. Artinya, blok perintah
* berikut ini "harus" selalu ada dalam semua aplikasi SWT yang akan
* kita buat.
*/
while (!shell.isDisposed()) {
if (!display.readAndDispatch()) {
display.sleep();
}
}
/*
* Karena SWT bekerja langsung dengan widget bawaan sistem operasi, maka
* tanggung jawab untuk menghapus komponen GUI ada di tangan
* programmernya. Hal ini disebabkan widget tersebut berada di luar
* jangkauan pemulung memori Java yang hanya bisa meraih objek yang
* dibuat dan dijalankan dalam JVM (Java Virtual Machine).
*
* Untuk menghapus widget dari memori, kita dapat menggunakan metode
* dispose() yang dimiliki oleh hampir semua widget SWT. Pada contoh
* program ini, kita memiliki 2 widget, yaitu shell dan label, sehingga
* keduanya harus dihapus dengan menggunakan perintah
*/
display.dispose();
}
}
OutPut yang dihasilkan :
No comments:
Post a Comment