Thursday, August 27, 2009





Apabila anda mempunyai beberapa server yang memerlukan monitoring 24 jam dan alert terkirim secara otomatis ke cellphone anda, maka salah satu jawabannya barangkali adalah Zenoss. Anda dapat mendownload rpm atau source di urlnya Zenoss. Apabila server anda adalah Fedora, maka dengan perintab rpm -i zenoss.rpm, akan terinstall binarynya dengan cepat. Anda akan melihat port 8080 server akan terbuka dan dapat diakses lewat URL. Untuk mengintall Zenoss, sebelumnya anda harus menjalankan MySQL dan SNMP server. Kalau tidak maka waktu installing anda akan mendapatkan errror message. Fitur Zenoss sangat lengkap dan cukup untuk melakukan monitoring server anda.
system GUI yang ditampilkannya memudahkan anda mengakses kondisi server secara real dan grafikal.
Zenoss dapat memonitor process yang berjalan di server anda, trafik, port dsb. Tentunya untuk mengirimkan alert ke email atau cellphone anda pun dapat dilakukannya. Canggihnya lagi, Zenoss dapat dikombinasaikan dengan Google map sehingga anda pun dapat memastikan lokasi server anda.
Apabila anda menginginkan support ada beberap option yang dapat anda pilih, paket Support, Silver, Gold, lengkapnya silakan lihat di URL Zenoss.

http://infokomtek.com/2008/04/15/zenoss-aplikasi-open-source-monitor-network-dan-server/

No comments: