Thursday, November 26, 2009

Beberapa utilitas dasar pentaho

Beberapa utilitas dasarnya adalah :
1. Mondrian / Pentaho Analysis, adalah OLAP server open source paling populer (lainnya PALO) bersifat open source. Buat yang biasa bermain pivot table di Microsoft Excel (bisa melihat data dari berbagai sisi) maka OLAP server ini adalah fungsi untuk menghasilkan laporan demikian.
2. Kettle - utilitas integrasi data atau biasa disebut juga sebagai utilitas ETL (Extract, Transform, Load) yang digunakan untuk membaca berbagai sumber data dan menyimpan outputnya kembali ke berbagai tempat penyimpanan. Selain itu kontrol flow lainnya juga ada seperti kirim email, mengirim file lewat ftp, menghapus file, dsbnya juga terdapat di Kettle. Kettle biasanya digunakan untuk melakukan data warehousing sehingga bisa dibaca oleh OLAP Server.
3. JFreeReport - reporting engine yang digunakan oleh Pentaho untuk menghasilkan report yang bisa diekspor ke diantaranya format PDF dan XLS.
4. Pentaho Report Designer - merupakan utilitas GUI untuk membuat report di Pentaho
5. Weka - Utilitas data mining dengan berbagai formula untuk mengenali pattern dari data historis
6. Pentaho Meta Data Designer - Digunakan untuk membuat data dictionary / mapping data sehingga bisa digunakan oleh BI Platform / Solution Engine Pentaho.

Sedangkan platform BI yang dimaksud adalah workflow / solution engine yang dikembangkan oleh pihak Pentaho. Disini kita bisa menggabungkan semua utilitas di atas baik untuk frontend maupun backend processing.

BI-Server - Aplikasi BI server Pentaho berupa interface web dan di backgroundnya berjalan platform BI Pentaho.

No comments: